PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN EDUKASI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIT PT. GODREJ CONSUMER PRODUK INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah kualitas produk dan edukasi pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pembasmi nyamuk merk HIT. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian adalah pelanggan HIT di Freshmart Lifestyle Paniki. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan jumlah 90 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R2 pada penelitian ini sebesar 0,668 dapat diartikan bahwa besarnya kontribusi variabel Kualitas Produk dan Edukasi Pelanggan terhadap keputusan pembelian sebesar 66,8% sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas produk dan edukasi pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian HIT di Freshmart Lifestyle Paniki. Saran untuk PT. Godrej Consumer Products Indonesia adalah terus meningkatkan kualitas produk dan edukasi pelanggan untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar produk HIT.
Article Details
Section
Articles
References
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271
Bawole, V. A., & Mewengkang, R. C. (2023). Analisis perlakuan akuntansi atas barang gadai emas yang tidak ditebus atau terlambat ditebus pada PT . Pegadaian cabang Manado Utara. 2(2), 39–48.
Hongky Dyrgo. (2023). Building Online Marketing and Digital Branding in The Middle of The COVID-19 Pandemic. Indonesian Journal of Business Analytics, 3(3), 729–738. https://doi.org/10.55927/ijba.v3i3.4130
Jasa, M. K., & Lu, C. (2021). Pengaruh edukasi pelanggan pada loyalitas pelanggan melalui kualitas jasa. 9, 346–354.
Mailangkay, V., Mewengkang, R., & Rumenser, P. (2024). Evaluasi Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Pada Kantor Kecamatan Wanea Kota Manado. MANACSE : Management & Accounting Research, I(1), 60–71.
Mewengkang, R., Maase, A., & Watuseke, N. (2024). PENERAPAN CROSS AUDIT ( REMOTE AUDIT ) DIMASA PANDEMI COVID-19 SEBUAH STUDI RETAIL PT . GRAMEDIA ASRI MEDIA CAB . MANADO. MANACSE : Management & Accounting Research, I(1), 40–47.
Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.
Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Promosi , Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. 3(1), 1–13.
Saputri, S. A., & Novitaningtyas, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Among Makarti, 15(1), 65–76. https://doi.org/10.52353/ama.v15i1.243
Yuliana, I., Rofiq, Aunur, & Ummah, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2450–2466. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2338
Yurita, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian. Manajemen, 1–10.
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271
Bawole, V. A., & Mewengkang, R. C. (2023). Analisis perlakuan akuntansi atas barang gadai emas yang tidak ditebus atau terlambat ditebus pada PT . Pegadaian cabang Manado Utara. 2(2), 39–48.
Hongky Dyrgo. (2023). Building Online Marketing and Digital Branding in The Middle of The COVID-19 Pandemic. Indonesian Journal of Business Analytics, 3(3), 729–738. https://doi.org/10.55927/ijba.v3i3.4130
Jasa, M. K., & Lu, C. (2021). Pengaruh edukasi pelanggan pada loyalitas pelanggan melalui kualitas jasa. 9, 346–354.
Mailangkay, V., Mewengkang, R., & Rumenser, P. (2024). Evaluasi Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Pada Kantor Kecamatan Wanea Kota Manado. MANACSE : Management & Accounting Research, I(1), 60–71.
Mewengkang, R., Maase, A., & Watuseke, N. (2024). PENERAPAN CROSS AUDIT ( REMOTE AUDIT ) DIMASA PANDEMI COVID-19 SEBUAH STUDI RETAIL PT . GRAMEDIA ASRI MEDIA CAB . MANADO. MANACSE : Management & Accounting Research, I(1), 40–47.
Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.
Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Promosi , Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. 3(1), 1–13.
Saputri, S. A., & Novitaningtyas, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Among Makarti, 15(1), 65–76. https://doi.org/10.52353/ama.v15i1.243
Yuliana, I., Rofiq, Aunur, & Ummah, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2450–2466. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2338
Yurita, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian. Manajemen, 1–10.