PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU COLLARSEL DI CV. JASA MANDIRI

Main Article Content

Meyvinna Mandey
Hongky Dyrgo
Mercy Mantur
Pricilia Chuanda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citramerek dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian lampu solarcell di CV. Jasa Mandiri. Penelitian ini mengaplikasikan metodologi kuantitatif untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel citramerek (X1), harga (X2), dan keputusan pembelian (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden berusia 20-40 tahun, sebagian besar berjenis kelamin perempuan dan bekerja sebagai karyawan swasta. Analisis data menunjukkan bahwa citra merek dan harga mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa seluruh indikator citramerek dan harga valid serta reliabel. Analisis regresi linear berganda mengungkapkan bahwa harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0,409, sementara citra merek tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial. Korelasi antara variabel independen dan keputusan pembelian adalah 0,524 dengan koefisien determinasi sebesar 27,5%, menunjukkan bahwa faktor lain juga mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa citramerek dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, meskipun pengaruh citramerek lebih lemah dibandingkan harga.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa harga memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap keputusan pembelian dibandingkan citramerek. Meskipun citramerek tidak berpengaruh secara signifikan secara individual, kombinasi citramerek dan harga tetap relevan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Rekomendasi untuk CV. Jasa Mandiri adalah meningkatkan strategi harga untuk mempengaruhi keputusan pembelian dan mempertimbangkan citramerek sebagai faktor tambahan yang mendukung.

Article Details

Section
Articles

References

Bawole, V. A., & Mewengkang, R. C. (2023). Analisis perlakuan akuntansi atas barang gadai emas yang tidak ditebus atau terlambat ditebus pada PT . Pegadaian cabang Manado Utara. 2(2), 39–48.

Belakang, L., & Kotawaringin, K. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NABATI SIIP PADA PT . PINUS MERAH ABADI DI SAMPIT. 9(2), 127–137.

Mailangkay, V., Mewengkang, R., & Rumenser, P. (2024). Evaluasi Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Pada Kantor Kecamatan Wanea Kota Manado. MANACSE : Management & Accounting Research, I(1), 60–71.

Mananoma, S., Dyrgo, H., & Teneh, F. (2023). Wanea Kota Manado. MANACSE : Management & Accounting Research, 2(2).

Mewengkang, R., Maase, A., & Watuseke, N. (2024). PENERAPAN CROSS AUDIT ( REMOTE AUDIT ) DIMASA PANDEMI COVID-19 SEBUAH STUDI RETAIL PT . GRAMEDIA ASRI MEDIA CAB . MANADO. MANACSE : Management & Accounting Research, I(1), 40–47.

Nuraini, A., Hartati, R., Ekasasi, S. R., & Nurweni, H. (2023). Pengaruh Variabel Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Kalangan Pemuda Yogyakarta Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi. Stimykpn, 4(1), 11–26.

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian sepatu merek Adidas (Studi di Toko Origial Sportcenter cabang Medoho Semarang). Procceding Sendiu, 42–53.